Berita

Antisipasi Karhutla Kapolres Kediri Patroli di Kawasan Hutan

Tribratanewskediri. Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia di antisipasi oleh Polres Kediri. Kapolres Kediri bersama Dinas Perhutani Kabupaten Kediri melakukan apel dan patrol gabungan, Kamis (19/9).

Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan.
Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K. mengungkapkan apel dan patroli gabungan ini dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Pihak kepolisian bersama perhutani melakukan patroli untuk mengecek titik-titik mana yang potensi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kediri. Kita melakukan patroli gabungan untuk mengecek titik-titik rawan kebakaran,” tegas AKBP Roni Faisal.
Kapolres Kediri menerangkan, bahwa masyarakat di sekitar hutan rata-rata adalah petani. Ada beberapa petani yang memanfaatkan lahan milik perhutani. Sedangkan ketika membersihkan semak belukar, sering kali dengan cara di bakar tanpa pengawasan.

Kecerobohan itulah yang potensi mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu dilakukan patroli di kawasan hutan ini, petugas kepolisian bersama perhutani memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan pembakaran.

“Kadang ada yang membakar semak belukar, tanpa pengawasan, dan hal itu sangat berbahaya, karena api dapat merembet dan membesar,” ungkap AKBP Roni.

Beberapa titik lokasi patroli diantaranya kawasan hutan di Wilayah Satak, Kecamatan Puncu, Wilayah Kandangan dan beberapa titik laninnya. Selain melakukan patroli petugas juga memasang spanduk himbauan untuk menjaga hutan dan tidak melakukan pembakaran hutan.

Sementara itu Administratur Perhutani Kabupaten Kediri Mustopo menghimbau kepada para petani untuk tidak melakukan pembakaran pada saat membuka lahan. Selain itu dia juga menghimbau kepada warga untuk tidak membuang putung rokok sembarangan.

“Kita juga menghimbau kepada para pemburu untuk tidak menggunakan api pada saat memburu madu lebah hutan,” ujar Mustopo.

 

back to top